Jumat, 15 Juni 2012

Keunggulan Teknologi YMJET-FI pada MIO J

Add Image Yamaha Writing Competition


Salah satu yang jadi keunggulan Yamaha Mio J adalah konsumsi bahan bakarnya yang ekstra hemat. Yamaha dengan percaya diri mengklaim telah menambahkan DNA performance dan stylist yang selama ini digunakannya dengan unsur Economical.

Pada Mio J ini juga lebih hemat bahan bakar lebih efisien dan hemat sampai 30%. Selain itu gas buangnya juga lebih ramah lingkungan," ungkap M Abidin, Assistant GM Technical, Yamaha Indonesia.

Dalam slide presentasinya, disebutkan bahwa konsumsi bahan bakar Mio J FI ini mencapai 52 km/liter dalam kondisi pengetesan bervariasi. Maksudnya bukan dalam kondisi konstan.

Kalau konstan, hasilnya lebih fantastis. Dengan pengetesan di kecepatan konstan 30 km/jam diperoleh konsumsi bahan bakar 70 km/liter. Wow, hemat kan!

Menurut Abidin ada dua faktor penting yang membuat konsumsi bahan bakar Mio J FI jauh lebih hemat hingga 30 persen bila dibandingakan dengan Mio lama yang mengusung teknologi karburator. Yaitu sistem injeksi Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) dan aplikasi forged piston-diasil cylinder.

YMJET-FI dengan air assist passage, 2 throttle valve dan idle speed control membuatnya lebih hemat bahan bakar di putaran mesin idle dan rendah. Saat putaran mesin rendah sampai menengah, udara masuk lewat air assist passage, efeknya pengkabutan bahan bakarnya bisa lebih halus sehingga pembakaran lebih sempurna.

YMJET-FI juga menjamin penyemprotan bensin dijamin lebih akurat sesuai dengan kebutuhan mesin, baik diputaran rendah maupun menengah. Kenapa hal itu bisa terjadi? Secara teknis dijelaskan, ECU (Electronic Control Unit) yang mendapat informasi dari beberapa  sensor –sensor yang bertebaran di sekujur mesin, seperti TPS (Throttle Position Sensor), IATS (Intake Air Sensor), IAPS (Intake Air Pressure sensor), ISC (Idle Speed Sensor), O2 sensor , Crank Angle Sensor, selalu merespon dengan cepat dan memberikan instruksi yang akurat kepada injector untuk agar supply BBM yang Pas (Irit & Bertenaga).

Salah satu rahasia di balik konsumsi bahan bakar yang irit pada teknologi YMJET-FI, terletak pada posisi injektornya yang mengarah langsung ke ruang bakar, sehingga alirannya tidak ada hambatan. Selain itu, Air Assist Passage yaitu jalur udara khusus pada sistem YMJET FI mampu memsuplai udara secara cepat dan menciptakan efek turbulensi yang membuat campuran BBM dan udara menjadi mudah dibakar di dalam ruang bakar.

Bahkan untuk situasi berkendara yang cenderung “ekstrem” sekalipun, seperti percepatan, deselerasi dan beban tinggi, ECU mampu mengontrol secara imbang kebutuhan bensin dan udara tetap pada kondisi ideal.

"YMJET-FI sangat efektif dizone, yaitu di kecepatan 20 sampai 55 km/jam. Kecepatan rata-rata orang berkendara secara normal di Indonesia," ungkapnya.

Sedang forged piston dan diasil cylinder juga mampu memberikan kontribusi. Kedua part ini selain memiliki koefisien gesek rendah juga lebih kuat digebuk kompresi, kompresi tinggi pembakaran bisa lebih sempurna yang berefek pada konsumsi bahan bakar yang lebih baik.

Tidak hanya itu, para tenaga ahli Yamaha mengaplikasikan "Low Friction Engine Technology", yang berarti struktur mesin MIO J memiliki daya gesek yang rendah, sehingga efek panas pada mesin menjadi lebih rendah dan konsumsi BBM nya lebih irit karena suhu mesin yang terkontrol dengan baik. Hal ini diterapkan pada bagian Cam Shaft yang memiliki tambahan Bearing khusus dan Cranksaft Assy. Kedunya membuat putaran mesin Mio J lebih lembut dan efek panasnya sangat rendah.

Tidak cukup itu saja, sistem pendinginannya dilengkapi juga dengan Turbo Fan yang mampu mendinginkan mesin dengan cepat. It's Magic, sebuah kata yang tepat yang merupakan perpaduan antara kehandalan performa dan keiritan yang luar biasa pada Mio J.  Dengan mengaplikasi teknologi YMJET-FI, Diasil Cylinder, Forged Piston & Low Friction Engine Technology. Menjadikan Mio J motor Matic pertama yang memiliki segalanya . info lebih lanjut : http://www.yamaha-motor.co.id.

MIO J bisa lebih hemat 5 sampai 10 persen lebih baik dari kompetitor.

 
Performance, Fuel Efficiency, & Emission
 
Ideal Combustion
 
Mio J Teen
Add Logo Yamaha Writing Competition

Tidak ada komentar:

Posting Komentar